Ulasan Singkat MacBook White 2009

Minggu lalu saya mendapat pinjaman laptop berupa Apple macbook white untuk diulas. Sebenarnya saya ingin mencoba macbook air yang bisa dia gunakan. Hanya saja beliau belum mendapatkan laptop yang cocok sebagai penggantinya.

Hardware

Spesifikasi laptop tersebut:

Prosesor: 2.26 Ghz Core 2 Duo

Memory: 4 GB

VGA: NVIDIA GeForce

Hardisk: Hitachi SATA 250 GB

Kondisi laptop warnanya putih gading, maksudnya sudah tidak seputih salju lagi. Kondisi yang umum didapati pada laptop macbook white yang sudah berusia panjang.

  • Beberapa kondisi yang minus:
    • Speaker sudah agak lemah, jika volume disetel maksimum suara menjadi pecah.
    • Ada retakan di colokan kabel utp dan sedikit cuwil pada colokan charger.
    • Ada garis hijau vertical di sebelah kanan layar.
    • Mic kurang peka, musti menggunakan mic external.
  • Kondisi yang plus:
    • Kipas masih senyap.
    • DVD masih berfungsi dengan baik.
    • Battery untuk pemakaian normal masih tahan sekitar 3 jam
    • Webcam masih berfungsi normal.
    • Pada penggunaan dalam waktu yang lama, macbook ini suhu tetap hangat sama sekali tidak panas.

Software

OS X yang terinstall pada macbook ini masih versi 10.12 (Sierra). OS Macbook ini masih bisa diupgrade ke OS X versi 10.13 (High Sierra). Tapi dikhawatirkan performance akan menjadi lebih lambat, jadi aku biarkan tetap pada OS semula.

Performa

Setelah mencoba bekerja dengan macbook ini kesan yang aku dapat:

Booting dari awal cukup lama sekitar 2 menit, setelah login pun icon dan menu tidak langsung muncul semua. Masih menunggu lagi sekitar 1 menit. Jadi sebaiknya selesai digunakan, macbook ini jangan di-shutdown. Langsung ditutup saja, otomatis OS akan masuk ke dalam sleep mode. Sehingga kalau akan digunakan lagi tinggal buka laptop OS sudah langsung siap untuk digunakan.

Kalau membuka browser (firefox) 10 tab kemudian membuka pengolah kata (TextMaker) maka proses pengetikan agak tersendat. Sehingga dianjutkan untukmenghemat penggunakan memory dengan membuka tab browser seperlunya saja.

Laptop ini untuk pemakaian di kantor seperti email, browsing, mengedit dokumen, menginput data spreadsheet, membuat presentasi masih sangat mumpuni. Meski agak lambat tapi masih dapat ditoleransi.

Untuk Pemgrograman, masih mungkin untuk menulis kode php. Lingkungan pemrograman AMP (Apache Mysql PHP) tersedia xampp untuk mac.

Kalau untuk Pemrograman Nodejs, Javascript dan Mongodb ada kendala pada instalasi mongodb yang mensyaratkan minimal OS High Sierra.

Harga

Hasil pencarian pada mesin pencari menghasilkan harga sekitar 2 juta untuk macbook ini. Tentu saja dengan asumsi kondisi hardware masih baik. Untuk pembeli sebaiknya mencoba langsung sebelum membelinya.

Testing

Cara tercepat melakukan testing kamera, speaker dan mic adalah dengan menjalankan aplikasi zoom dan melakukan komunikasi dengan zoom di ponsel misalnya.

Jangan lupa membawa keping DVD untuk mencoba pembaca DVD pada macbook ini.

Kemungkinan menggunakan OS lain.

Ms Windows: Macbook ini bisa diinstall Ms Windows 7 melalui bootcamp, hanya saja mengingat Windows 7 sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft, maka dianjutkan sekalian diinstall Windows 8.1 atau Windows 10.

Hanya saja dengan prosesor Core 2 Duo maka akan tetap berat menjalankan OS tersebut. Dibutuhkan paling tidak sekelas Intel i3 untuk kelancaran OS Windows 8.1 dan hardisk SSD untuk OS Windows 10.

Linux: Lebih mungkin untuk menjalankan OS Linux pada MacBook ini karena lebih ringan dan lebih mudah dioptimasi.

Demikian ulasan singkat tentang macbook white 2009, jika nanti sudah mendapat ijin untuk menginstall linux pada macbook ini, ulasan akan dilanjutkan dengan judul “Menjalankan OS linux pada macbook white 2009”. Dan bagi para pengguna macbook bekas, silahkan mengisi komentar di bawah. Komentar untuk berjualan macbook juga diijinkan. =)

Author: risiyanto budi

Tinggalkan Balasan