Cara Daftar SNI

 Pengurusan surat / Posted 3 bulan ago by Konsultan Legal Indonesia / 7 views

Rp 1.000.000,00

Cara Daftar SNI

1. Mengisi Formulir Permohonan SPPT SNI

Formulir Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI. Langkah pertama, ada harus mengisi formulir SPPT ini. Anda akan membutuhkan beberapa dokumen lampiran yaitu:

• Fotokopi sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 yang dilegalisasi. Sertifikat ini bisa didapatkan di Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu (LSSM) yang diakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN).

• Jika produk yang akan didaftarkan adalah impor, perlu ada sertifikat dari LSSM negeri asal yang sudah punya perjanjian saling pengakuan dengan KAN.

2. Verifikasi Permohonan

Langkah selanjutnya yaitu permohonan akan diverifikasi oleh LSPro-Pustan. Yang diverifikasi antara lain syarat untuk mendapat SPPT SNI, jangkauan lokasi audit, dan kemampuan memahami bahasa setempat. Proses ini biasanya akan memakan waktu satu hari. Setelah verifikasi, kita akan diberi invoice berisi rincian biaya yang harus dibayar.

3. Audit Sistem Manajemen Mutu Produsen

Tahap selanjutnya adalah Audit atau Pengecekan. Audit ini meliputi dua hal, yaitu kesesuaian dan kecukupan. Audit kesesuaian mengecek penerapan Sistem Manajemen Mutu.

Dalam audit kecukupan, tim akan melakukan peninjauan terhadap dokumen Sistem Manajemen Mutu yang kita miliki. Koreksi harus diberikan maksimal dalam 2 bulan jika ditemukan ketidaksesuaian.

4. Pengujian dan Penilaian Sampel Produk

Selanjutnya Tim LSPro-Pustan akan datang ke tempat produksi dan mengambil sampel produk untuk diuji. LSPro-Pustan Deperin menjamin para petugasnya ahli di bidang tersebut. Sampel produk diberi label contoh uji (LCU) dan disegel. Proses ini butuh waktu minimal 20 hari kerja. Setelah itu, akan dilihat apakah hasil uji sesuai dengan SNI. Jika belum sesuai, kita akan disuruh menguji sendiri sampai sesuai untuk kemudian dicek lagi oleh tim LSPro-Pustan. Jika hasil uji ulang tak sesuai persyaratan SNI, permohonan SPPT SNI ditolak.

5. Keputusan Sertifikasi

Setelah semua proses tersebut selesai Tim akan merapatkan hasil audit dan pengujian. Semua dokumen audit dan hasil uji menjadi bahan rapat panel Tinjauan SPPT SNI LSPro-Pustan Deperin. Penyiapan bahan rapat biasanya makan waktu 7 hari, sedangkan rapat panel 1 hari.

6. Pemberian SPPT-SNI

Tim LSPro-Pustan akan mengklarifikasi usaha kita setelah rapat panel usai. Setelah itu, produk bisa mendapat sertifikat SNI. Keputusan pemberian sertifikat oleh Panel Tinjauan SPPT SNI didasarkan pada hasil evaluasi produk yang memenuhi kelengkapan administrasi (aspek legalitas), ketentuan SNI, dan proses produksi serta sistem manajeman mutu yang diterapkan dapat menjamin konsistensi mutu produk.

Seluruh proses di atas memakan waktu sebulan lebih sedikit, tapi sertifikat berlaku selama 3 tahun. Adapun soal biayanya memang lumayan tinggi.

More Info:

PT. Konsultan Legal Indonesia

Patra Jasa Office Tower, 17th Floor, Room 1704

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Kuningan, Setia Budi

Jakarta Selatan 12950 Indonesia

WA: 081286881087

E-mail: cs@thelegalco.com

Website: www.thelegalco.com

#apaitusni #caradaftarsni #caraurussni

#cekdaftarsni #daftarsnibsn #daftarsniwajib

#daftarstandarsni #uusni #daftarsniwajibbsn

#jasadaftarsni #jasaurussni #jasaurussniwajib

#biayapengurusansni #birojasaurussni #biayaurussni

#alurpengurusansni #banstandarsni #birojasapembuatansni

#jasapengurusansni #jasaurussnibsn

*harga iklan hanya ilustrasi

Contact details

Jakarta Selatan,Jakarta D.K.I.  Show Phone Number ***** http://www.thelegalco.com

Contact this listing owner

Please, login to contact this listing owner.